Kualitas film Indonesia meningkat seiring waktu. Tidak sedikit yang menyita perhatian penikmat film dunia hingga mendapatkan penghargaan internasional. Terbaru, kabar baik datang dari film besutan Syaiful Amri, Film Karandika yang masuk nominasi pada Lift-Off Filmmaker Sessions Hosted 2023 - Buckinghamshire, Inggris.

Festival ini akan ditayangkan langsung di Vimeo On Demand selama dua minggu: 16  Oktober  - 30 Oktober. Lift-Off Filmmaker Sessions Hosted adalah pameran online bulanan yang didedikasikan untuk menyaring koleksi film pendek dan fitur indie yang dikirimkan secara global (dari semua genre) dari suara-suara baru kepada pemirsa terutama di Buckinghamshire, Inggris.

Film-film yang ikut serta akan diputar selama 2 minggu di Vimeo On Demand. Setiap film akan ditempatkan dalam programnya masing-masing, dengan tiga film dengan suara terbanyak di setiap halaman akan dikirim ke babak final kami. Juri internal kami akan meninjau tiga finalis teratas selama babak final.

Pemenang dari setiap program akan menerima daftar terpilih untuk Nominasi Penghargaan Musim, dan setiap finalis akan menerima Keanggotaan Jaringan Menengah (senilai $97) dan kesempatan untuk mengajukan proyek masa depan mereka di Pinewood Studios.

“Terima kasih, Natalie Daniels sebagai General Manager at Lift-Off Global Network Buckinghamshire, Inggris atas sambutan hangat dan Penghargaan Film Terbaik. Terima kasih juri telah memilih Karandika dan menulis catatan yang bijaksana. Terima kasih dan selamat untuk semua pemenang dan nominasi,” tulis Syaiful Amri membagikan momen saat menerima email penghargaan tersebut, Jumat (06/10/2023). 

Dalam catatan juri, mereka terkejut dengan pesan film Karandika yang jelas dan kuat, serta menegaskan tentang perjuangan Bagas dan Deon di SMA Kahuripan, untuk mengembangkan bisnis remaja. Dalam liku perjuangan mereka dibenturkan dengan ambisi, rasa iri dan kecurangan dari teman sejawatnya. Hingga berakibat, retaknya persahabatan dan hilangnya Lili. Dengan keberanian Chika dibantu Rico, ditemukan bukti siapa tersangka dalang dibalik hilangnya Lili.

“Gaya filmnya juga original. Perasaan manis dan poppy yang mempesona penonton di paruh pertama film menjadi lebih gelap seiring berjalannya cerita, membuat kita bergidik,” tulis para juri dikutip dari Natalie Daniels


Latar Belakang Karandika

Film mempresentasikan Seni dan Budaya dari media massa dalam kajian komunikasi masa modern yang dinilai memiliki pengaruh pada khalayaknya. Film mempunyai peran penting dalam sosiokultural, artistik, politik dan dunia ilmiah. Pemanfaatan film dalam pembelajaran masyarakat ini sebagian didasari oleh pertimbangan bahwa film mempunyai kemampuan untuk menarik perhatian orang dan mempunyai kemampuan mengantar pesan secara unik.

Nesat Pictures merupakan suatu Production House yang berusaha untuk menciptakan karya-karya yang dapat menginspirasi banyak orang. Film ini akan diadakan dan dikemas dalam bentuk Film layar lebar yang mengusung tema Keterikatan. Dengan mengusung tema tersebut diharapkan dapat membawa perubahan yang cukup besar bagi khalayak. Efek pesan yang ditimbulkan pada Film dalam kemasan realitas simbolik ada yang secara langsung dirasakan pada khalayaknya bisa jadi perubahan emosi namun ada pula yang berdampak jangka panjang seperti perubahan gaya hidup, idealisme atau ideologi. 

Film ini diharapkan mampu mengembangkan dan meningkatkan Seni dan Budaya. Cepat atau lambat peran Film akan membentuk nilai-nilai Seni dan Budaya masyarakat, yang pada awalnya mungkin hanya segelintir, kemudian menjadi sekelompok dan akhirnya menjadi serumpun dan sebangsa. Serta meraih prestasi yang dapat membangkitkan rasa kebanggaan untuk diri sendiri, tim, dan daerah. Berdasarkan latar belakang diatas melalui proposal ini kami bermaksud untuk memproduksi sebuah Film yang berjudul “Karandika


Paris Lift-Off Film Festival Winner Announcement


Pengumuman pemenang Festival Film Lift-Off Paris. Anda pasti tidak ingin melewatkan kesempatan ini untuk mendengar tentang film-film yang masuk dalam daftar nominasi Penghargaan Musim, film-film luar biasa yang menang dalam kategori retrospektifnya, dan film pemenang penghargaan pilihan penonton. Ruang obrolan akan dibuka mulai jam 4 sore BST. Lift-Off Global Network adalah misi di seluruh dunia untuk membantu menemukan pembuat film masa depan dan memperkenalkan para pendongeng hebat ini kepada khalayak global seluas mungkin.