Di Ruang Kelas R.26 Sabtu 26 Agustus 2023 Pukul 08.00, SMK Negeri 1 Gunung Sindur, sebagian peserta didik mencatat tentang Research & Development, sebagian lain mencatat Preproduction, Production Shooting, Post Production, Film Bussiness. Mereka mencatat sekaligus membuat kesimpulan sesuai dengan kelompok nya, 29 orang peserta didik dan 6 Guru Produktif di dampingi Oleh Screenplay ternama nasional sekaligus pemilik Rumah Produksi Visual Vision Syamsul Hadi dan News Prodecer RTV - Umar Fauzi Bahanan. Mengikuti kegiatan Workshop tahap dalam produksi film. Workshop yang digelar selama satu hari (Sabtu, 26 Agustus 2023) ini diadakan oleh Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman SMK Negeri 1 Gunung Sindur, sekaligus sebagai tindak lanjut dari kegiatan sinkronisasi kurikulum pada Kamis, 24 Agustus 2023.

Kepala Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman SMK Negeri 1 Gunung Sindur, mengatakan sangat mendukung para sineas muda untuk terus kreatif. “Saya apresiasi para sineas muda yang berkreasi dalam Workshop/Pelatihan Produksi film ini. Karena ditangan anak-anak muda inilah akan tercipta sebuah karya yang membanggakan. Dan kedepan Kami akan rutin melakukan kegiatan serupa dengan jumlah peserta yang lebih banyak lagi”. tutur Syaiful Amri, Kepala Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman SMK Negeri 1 Gunung Sindur, saat sambutan. Dijelaskan, diadakannya kegiatan tersebut untuk menumbuhkan minat dan keterampilan sinematografi dikalangan para peserta didik di Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman khususnya dan SMK Negeri 1 Gunung Sindur umumnya.

Sementara itu, Helenase, salah satu peserta didik Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman, mengungkapkan banyak menemukan pengalaman baru dalam perfilman.  “Banyak ilmu yang saya dapat dalam dunia perfilman kali ini, sangat bermanfaat dan kami mendapat revisi tadi, katanya film kami belum layak tayang dan setelah di briefing oleh mentor hebat, kami berharap bisa membuat karya yang bagus,” ujar Helen

Kevin salah satu peserta lain dari Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman khususnya dan SMK Negeri 1 Gunung Sindur mengungkapkan masih perlu latihan tentang perfilman. “Kami sangat masih premature dan belum mendalam untuk menggarap film semoga setelah ini kami jadi tahu dan paham jadi film kami bagus,” ungkapnya.

Berbeda dengan Herman Hardainsyah Guru Produktif Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman khususnya dan SMK Negeri 1 Gunung Sindur, menuturkan diadakannya workshop perfilman ini timbul semangat baru. “Saya sangat berkesan dalam workshop kali ini, muncul motivasi baru untuk belajar lebih dari sebelumnya, sangat bermanfaat dan diharapkan ada karya baru yang bagus lahir setelah acara ini,” pungkasnya


Menurut mentor Screenplay ternama Syamsul Hadi mengatakan ada 5 tahap penting dalam membuat sebuah karya Film, diantaranya adalah :

Research & Development
  • Rough Ideas
  • Story
  • Screen Play
  • Permisi
  • Synopsis : Short, Long
  • Outline
  • Beat Board
  • Screenplay

Preproduction
Get the Screenplay (Breakdown fol All Department)

Production Shooting

Post Production
  • Audio 
  • Visual
Film Bussiness
  • Film Distribution
  • Film Promotion
  • Sponsorship
  • Funding Support
"Penting nya mengarahkan kompetensi para peserta didik dalam membangun sebuat ide, menanamkan kebebasan kepada peserta didik dalam membuat ide cerita "Create Your Imaging" dan memberikan penekanan dan pemahaman bahwa "It's Your Story" ,serta memberikan pembelajaran akan penting menentukan "Point of View" dalam membuat cerita untuk Film" -  ucap Hadi.