Pelaksanaan Kegiatan Sinkronisasi dan Validasi Kurikulum Merdeka Berubah Program Keahlian Broadcasting Perfilman dengan IDUKA TP 2023/2024

Pada hari senin 24 Agustus 2023, Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman SMK Negeri 1 Gunung Sindur melaksanakan kegiatan Sinkronisasi Kurikulum dengan industri dunia kerja (IDUKA) Tahun Pelajaran 2023/2024. Kegiatan ini dilakukan untuk menyeleraskan antara kurikulum yang diajarkan di sekolah dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh IDUKA. Harapannya kelak lulusan mempunyai bekal keterampilan baik Softskill maupun Hardskill sesuai dengan kebutuhan IDUKA sehingga siap untuk bekerja dan berkompetisi dengan yang lainnya.

Sinkronisasi dihadiri oleh oleh tamu undangan sebanyak 22 orang terdiri dari Tim pengembang kurikulum, Guru produktif Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman SMK Negeri 1 Gunung Sindur dan perwakilan IDUKA bidang Broadcasting dan Perfilman yaitu PT. Metropolitan Televisindo (RTV), bidang Audio Dubbing dan Audio Effect PT. Bahtera Seni Indonesia, bidang Perfilman yaitu Production House Visual Vision.

Sinkronisasi/penyelarasan kurikulum ini dalam rangka melaksanakan kurikulum paradigma baru yang tujuan  akhirnya mewujudkan lulusan yang mampu tersersp di dunia kerja, mampu berwirsusaha, dan melanjutkan ke Perguruan tinggi, memiliki karakter positif dan sikap yg mencerminkan   Profil Pelajar Pancasila, dengan 6 dimensinya, yaitu :

  • Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME;
  • Berkebhinekaan Global;
  • Bergotong Royong;
  • Bernalar Kritis, Kreatif dan Mandiri. 
Sinkronisasi ini merupakan satu bagian dari program Link and ( Super) Match 8 + i antara SMK dengan Dunia Kerja. 8 + i  itu antara lain:

  1. Sinkronisasi Kurikulum
  2. Pembelajaran mengacu pd industri berbasis Project Base Learning. 
  3. Program guru magang industri. 
  4. Program prakerin/PKL siswa minimal 6 bln. 
  5. Program Guru Tamu dr industri minimal 50 JP per semester
  6. Riset terapan berbasis Teaching Factory. 
  7. Komitmen serapan lulusan. 
  8. Sertifikasi siswa dan guru oleh industri. dan 
  9. +i ... adalah adanya dukungan beasiswa, bantuan peralatan dan bahan praktek dr Dunia kerja untuk Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman SMK Negeri 1 Gunung Sindur.

Kegiatan sinkronisasi diawali dengan sambutan Kepala Sekolah. “Saya ucapkan terimakasih kepada IDUKA yang sudah berkenan hadir pada acara sinkronisasi kurikulum, mudah-mudahan setelah kegiatan ini antara Sekolah dan IDUKA bisa selaras kurikulumnya sehingga kelak lulusan mempunyai bekal keterampilan yang disesuiakan dengan kebutuhan IDUKA, maka dari itu masukan sangat dibutuhkan sekali untuk kemajuan kurikulum Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman SMK Negeri 1 Gunung Sindur” jelas Yonal Herdian, S.Pd., M.M selaku Kepala SMK Negeri 1 Gunung Sindur.

Setelah sambutan, kegiatan sinkronisasi dipaparkan oleh Kepala Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman SMK Negeri 1 Gunung Sindur, Kompetensi yang ada di Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman SMK Negeri 1 Gunung Sindur disesuaikan dengan IDUKA dan dilanjutkan dengan diskusi. Dalam hasil diskusi banyak sekali masukan-masukan yang disampaikan. Masukan dari IDUKA Broadcasting antara lain tentang penerapan dasar standar kerja (SOP) sebelum melaksanakan pekerjaan, . Dari bidang Audio Dubbing dan Audio Effect diatanya adalah Indeks Pembangunan Kebudayaan (IPK) Jawa Barat hingga saat ini masih di bawah rata-rata nasional atau 54,21 urutan ke-18 dari 34 provinsi di Indonesia, Voice talent saat ini sudah menjadi bidang profesi, peningkatan "Theatre of Mind" bagi para Peserta Didik, dan penerapan estetika seni audio visual. Sedangkan masukan dari IDUKA Perfilman antara lain Penting nya mengarahkan kompetensi para peserta didik dalam membangun sebuat ide, menanamkan kebebasan kepada peserta didik dalam membuat ide cerita "Create Your Imaging" dan memberikan penekanan dan pemahaman bahwa "It's Your Story" ,serta memberikan pembelajaran akan penting menentukan "Point of View" dalam membuat cerita untuk Film.  Setelah kegiatan diskusi selesai di tanggapi oleh maisng-masing kaprodi dan ditutup dengan foto bersama.



Umar Fauzi Bahanan

News Producer
PT. Metropolitan Televisindo (RTV)

Syamsul Hadi

Professional Screenplay
Visual Vision

Bima Sakti

Professional Dubber
PT. Bahtera Seni Indonesia

Santosa Amin

Professional Dubber
SuaraPro

Eko Afianto

Professional Dubber
SuaraPro

Dewi Sartika

Professional Dubber
SuaraPro