Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kemendikbud, Indeks Pembangunan Kebudayaan (IPK) Jawa Barat hingga saat ini masih di bawah rata-rata nasional atau 54,21. Sementara IPK Jawa Barat saat ini yakni 51,21 atau urutan ke-18 dari 34 provinsi di Indonesia (Sumber : Grafik Nilai IPK). 

Pada acara Sinkronisasi dan Validasi Kurikulum Merdeka Berubah TP 2023/2024 yang diadakan di Program Keahlian Broadcasting Perfilman SMK Negeri 1 Gunung Sindur pada Kamis, 24 Agustus 2023.

"Saat ini Voice talent sudah menjadi bidang profesi, Peserta didik di SMK khususnya harus memiliki mental siap bekerja. Tidak hanya sebagai operator saja tetapi benar-benar faham akan profesi yang akan di cita-cita kan nya nanti sesuai dengan bidang keahlian nya." - Ucap Dewi.

Perempuan yang memiliki profesi sebagai Voice Talent yang memiliki seabrek pengalaman seputar dunia Dubbing di Indonesia dan Asia Tenggara. Dewi sudah mengisi suara Nobita sejak tahun 2009. Namun ia mengenal dunia dunia teater dan seni peran suara, yakni sejak tahun 1995. Ia kemudian mulai rajin mengikuti casting di sebuah PH (Production House) dan pernah mengisi suara tokoh utama terkenal, seperti Rosalinda dan Maria Seleste. Menurut Dewi, menjadi seorang dubber, harus bisa memainkan berbagai suara yang berbeda. Dewi dengan panggilan akrab para peserta didik yang memiliki data lengkap sebagai berikut :

    Name                            : Dewi Sartika
    Date of Birth                 : Jakarta, 17th Mei 1975
    Email                            : dewo1705@gmail.com / dsd.dewi1705@gmail.com
    Hobby                           : Art performance (drama,dancing, poetry), and travelling.
    Activity :
  • Dubber / voice talent
  • Event Organizer
  • Master of Ceremony wedding, event, etc.
  • Chairman of the Indonesian Voice Over Talents
  • Association (SuaraPro)
  • Founder of ACTPRO (Talent Course for voice over talents)

"Para Peserta Didik perlu di berikan kesempatan terkait keahlian yang di milikinya, media publikasi terkait karya yang dihasilkan para Peserta Didik dapat menggunakan apa saja. Yang menjadi konsentrasi para Guru/Pendidik saat ini adalah bagaimana membentuk tingat pandalaman yang berbeda di peserta didik sesuai dengan usia dan batas kemampuan yang merka miliki. Bagaimana mereka dapat menguasai urutan proses pada tahap Pra Produksi-Produksi-Pasca Produksi dan Distribusi. Maka dari itu saya berharap tingkat/level pada SKKNI tidak perlu di kotak-kotak an, apakah itu untuk jenjang Siswa ataupun Mahasiswa" - Ucap Dewi.

"Maka dari itu dengan adanya kegiatan hari ini, sinkronisasi dan validasi kurikulum merdeka  TP 2023/2024 yang diadakan di Program Keahlian Broadcasting Perfilman SMK Negeri 1 Gunung Sindur bersama Industri Pasangan dapat mencipatkan modul yang sesuai dengan tingat pemahaman kompetensi keahlian dan sesuai dengan kebutuhan dunia industri". Ucap Dewi

"Kurikulum yang dibuat sebagai bahan ajar dan capain pembelajaran (CP) dibuat bukan berdasarkan level kualifikasi kerjanya, peserta didik harus tetap diberikan  pemahaman semua bidang kerjanya (pemahaman substabsinya). Yang membedakan SMK dan Perguruan Tinggi tentunya pendalaman materinya. Hal ini disebabkan output dari pembelajaran smk dan perguruan tinggi sama, yaitu sebuah produksi". - Dewi menyimpulkan. Gunungsindur 24 Agustus 2023